Penyebab Laptop Lemot Dan Cara Mengatasinya

Assalamualaikum Wr. Wb.



Pendahuluan

Penyebab Laptop Lemot Dan Cara Mengatasinya - Hallo sob kembali lagi dengan saya. Pada artikel kali ini saya akan membagikan beberapa penyebab laptop lemot dan bagaimana sih cara mengatasinya ?

Pada jaman sekarang mungkin sudah tidak asing lagi dengan perangkat elektronik yang satu ini. Ya Laptop/Notebook sekarang banyak digunakan pada kalangan pelajar, mahasiswa maupun pekerja. Untuk jaman sekarang mungkin laptop sangat dibutuhkan untuk membantu menyelesaikan tugas sekolah, kuliah maupun untuk pekerjaan sehari-hari karena bentuknya yang praktis dan dapat dengan mudah dibawa kemana-mana. Namun tidak dapat dipungkiri perangkat tersebut tidak ada masalah. Ya salah satunya yang banyak dikeluhkan adalah performa lambat atau biasa dikatakan lemot. 




Lalu apa saja sih penyebabnya :

1. Harddisk penuh atau usia harddisk yang sudah lama
    
    Yang pertama mungkin harddisk/penyimpana laptop itu penuh yang dimana dapat memperlambat kinerja harddisk tersebut atau usia yang sudah lama dan performa sudah menurun. untuk mengeceknya dapat menggunakan beberapa software pendukung diantaranya Hddscan, Harddisk sentinel, Hd tune dll. Untuk mengatasinya dapat dengan cara menambah kapsitas penyimpanan/Harddisk lagi atau mengganti yang baru jika kesehatan harddisk sudah menurun.

2. Banyak menjalankan aplikasi secara bersamaan

    Yang kedua banyak melakukan multitasking dapat mempengaruhi kinerja dari laptop itu sendiri jika hardware tidak mendukung untuk banyak menjalankan aplikasi secara bersamaan. Untuk cara mengatasinya adalah menggunakan aplikasi/program seperlunya saja jika hardware dari laptop seperti kapasitas ram, jenis prosesor, dan penyimpanan yang tidak memadahi.

3. Kapasitas RAM terlalu kecil

    Yang ketiga adalah kapasitas Ram yang kecil yang sangat berpengaruh pada kinerja laptop terutama pada multitasking. untuk cara mengatasinya bisa dengan menambah kapasitas Ram jika pada laptop sobat disediakan slot ram kosong. 

4. Mengganti penyimpanan dengan SSD

    Yang keempat adalah mengganti penyimpanan dari Harddisk ke Ssd dimana kelebihan Ssd dapat melakukan proses data lebih cepat daripada Harddisk terutama pada penyimpana sistem laptop sobat.

5. Terlalu banyak menginstall program aplikasi

    Yang kelima adalah terlalu banyak menginstall program aplikasi yang dapat menguras kinerja dari hardware laptop sobat. Untuk cara mengatasinya adalah uninstall program aplikasi yang jarang digunakan.

6. Terlalu memaksa ke windows versi terbaru

    Yang keenam adalah terlalu memaksa menggunakan windows versi terbaru tanpa melihat spesifikasi laptop yang digunakan dimana windows versi terbaru akan lebih berat. Untuk cara mengatasinya bisa dengan cara menginstall windows versi dibawahnya.

7. Suhu laptop terlalu panas

    Yang ketujuh adalah suhu laptop yang terlalu panas yang dapat mengurangi performa dari laptop itu sendiri. Cara mengatasinya adalah menggunakan perangkat pendingin tambahan/Colling pad atau melakukan service rutin untuk mengecek pasta dan kipas prosesor apakah bekerja dengan baik atau tidak.


Nah itulah beberapa penyebab laptop lemot dan cara mengatasinya. Apabila cara diatas masih belum berhasil mungkin sobat harus mengganti dengan perangkat yang baru dengan spesifikasi yang lebih tinggi yang dimana pada jaman sekarang banyak program yang memerlukan spesifikasiyang memadahi.

Demikian artikel singkat yang dapat saya sampaikan apabila ada kurangnya saya mohon maaf

Wassalamualakikum Wr. Wb


0 Response to "Penyebab Laptop Lemot Dan Cara Mengatasinya"

Post a Comment