Perbedaan SSD Sata Dan NVME Yang Harus Kamu Tahu

Assalamualaikum Wr. Wb.

Pendahuluan

Perbedaan SSD Sata Dan NVME
- Hallo sob pada artikel kali ini saya akan membahas mengenai perbedaan dari 2 jenis media penyimpanan yaitu Ssd Sata dan Ssd Nvme.

SSD adalah singkatan dari Solid-State Drive yang merupakan perangkat untuk menyimpan data pada laptop maupun komputer. Berbeda dengan HDD (Hard Disk Drive), SSD menyimpan data menggunakan memori non-volatile berbasis flash, sehingga pada SSD tidak ada komponen mekanis yang bergerak. Hal ini membuat SSD dapat bekerja dengan lebih cepat dan tidak cepat panas.

Bobot dari perangkat penyimpanan ini pun cenderung ringan, meskipun kapasitasnya besar. Tak heran jika popularitas SSD kini kian meroket baik untuk penggunaan laptop, PC desktop, maupun sistem server.





Lalu apasih perbedaan antara SSD Sata dan Nvme


1. SSD SATA

SSD SATA adalah SSD dengan interface SATA sama seperti HDD. Umumnya, versi SATA yang digunakan adalah SATA III atau biasa disebut SATA 6Gbps. Interface SATA menawarkan bandwith yang terbatas dan menggunakan protokol AHCI untuk transfer membuatnya kinerja SSD ini terbatas. SSD SATA hadir dalam 3 form faktor, yaitu 2,5 inchi, mSATA, dan M.2.


2. SSD NVME

SSD NVMe atau biasa juga disebut sebagai SSD M.2 NVMe adalah penyebutan umum untuk ssd
dengan form factor M.2 yang menggunakan bus PCIe dan mendukung protokol NVMe. NVMe (Non-Volatile Memory express) adalah protokol transfer data, yang bekerja pada interface PCIe untuk menentukan metode transfer data. Dengan NVMe, SSD M.2 dapat melakukan transfer data dengan cepat, karena dapat mendukung 64 antrian dan setiap antrian dapat membawa 64000 instruksi, sehingga kemampuan IOPS meningkat pesat dibanding SSD M.2 dengan protokol AHCI.

Perbedaan


Jika ada yang menjadi perbedaan mencolok diantara kedua SSD ini adalah kecepatannya. Berhubung NVME adalah up grade dari SATA tentu saja NVME mempunyai kecepatan yang lebih tinggi meski tidak dapat dihindari kalau SATA cukup merajai pada masanya. Terlebih lagi setiap produk yang mengalami up grade pasti saja datang dengan kelebihan unggul dari pendahulunya.

NVME bahkan dipasarkan sebagai SSD yang memiliki kecepatan transfer file 5 kali lebih cepat dari SATA. Ini bermakna SSD NVME mempunyai kecepatan 25 kali lipat jika dibandingkan dengan model lama HDD. Kecepatan yang tinggi ini tentu menjadi selling point mengingat semua orang pasti saja menginginkan proses transfer dan perpindahan file yang cepat dan praktis.

SSD NVME juga memberi kelebihan dalam menampung serta memproses lebih banyak perintah (command) bila dibandingkan dengan SSD dan SATA. SSD SATa hanya bisa menampung 32 commands saja dalam satu antrian sedangkan NVME dapat menampung dan memproses 64 ribu commands dalam satu antrian dan 64 ribu antrian dalam satu waktu. Sudah jelas ini menjadikan kedua SSD ini menjadi sangat berbeda dan akan menarik minat pembeli.


Keunggulan SSD SATA
  • Memberikan penawaran harga terjangkau mulai dari Rp 300.000 dengan untuk kapasitas sebesar 120 GB.
  • Tidak menghasilkan panas meski komputer sudah bekerja lama.
  • Mempunyai ukuran yang ramping, sejajar dengan motherboard, tidak memakan banyak tempat serta tidak membutuhkan kabel penghubung tambahan.

Keunggulan SSD NVME
  • Mempunyai pasaran harga menengah ke atas dengan penawaran mulai dari Rp 500.000 untuk kapasitas sebesar 120 GB.
  • Terkenal dengan kecepatannya yang mencapai 3500 MB/s dengan konektor M.2 PCle x4.
  • Datang dengan ukuran yang compact dan ramping yang sejajar dengan motherboard sehingga penempatanya menjadi lebih efisien

Demikian artikel yang dapat saya sampaikan
Kurang lebihnya saya mohon maaf

Wassalamualakikum Wr. Wb


0 Response to "Perbedaan SSD Sata Dan NVME Yang Harus Kamu Tahu"

Post a Comment