Apa Itu Proxy Server ?

 Assalamualaikum Wr. Wb.


Pendahuluan

Apa Itu Proxy Server ?- hallo sob pada artikel kali ini saya akan membagikan materi tentang proxy server mulai dari pengertian, cara kerja, fungsi dan jenis-jenisnya. untuk lebih simpelnya proxy server itu adalah penghubung antara diri kita sendiri dengan dunia luar yaitu internet. untuk lebih jelasnya langsung saja simak artikel dibawah ini





A. Pengertian Proxy Server
    
    Proxy Server adalah server yang menyediakan suatu layanan untuk meneruskan setiap permintaan user kepada server lain yang terdapat di internet dan mempunyai peran sebagai penghubung atara satu komputer dengan internet


B. Cara Kerja Proxy Server

    Untuk cara kerjanya setiap client yang tersambung dengan proxy server akan meminta layanan tertentu seperti file, koneksi, akses web page ataupun lainya. Selanjutnya Proxy Server akan memfilter permintaan dari client. Jika permintaan diterima, maka Proxy Server akan mencarikan apa yang telah diminta dari client. Dan pada saat Proxy Server sudah mendapatkan apa yang diminta oleh client, Proxy ini akan memberikan respon kepada user seolah-olah dialah yang merupakan publik servernya.


C. Fungsi Proxy Server

           Connection sharing

Proxy bertindak sebagai gateway yang menjadi pembatas antara jaringan lokal dengan jaringan luar. Gateway bertindak juga sebagai sebuah titik dimana sejumlah koneksi dari pengguna lokal dan koneksi jaringan luar juga terhubung kepadanya. Oleh sebab itu, koneksi dari jaringan lokal ke internet akan menggunakan sambungan yang dimiliki oleh gateway secara bersama-sama (connecion sharing).

       Filtering

Proxy bisa difungsikan untuk bekerja pada layar aplikasi dengan demikian maka dia bisa berfungsi sebagai firewalll paket filtering yang dapat digunakan untuk melindungi jaringan lokal terhadap gangguan maupun ancaman serangan dari jaringan luar. Fungsi filtering ini juga dapat diatur atau dikonfigurasi untuk menolak akses terhadap situs web tertentu dan pada waktu-waktu tertentu juga.

       Caching

Sebuah proxy server mempunyai mekanisme penyimpanan obyek-obyek yang telah diminta dari server-server yang ada di internet. Dengan mekanisme caching ini maka akan menyimpan objek-objek yang merupakan berbagai permintaan/request dari para pengguna yang di peroleh dari iternet.


D. Jenis-Jenis Proxy Server

       1. Proxy Transparan

Proxy Transparan merupakan proxy yang tidak menyembunyikan dirinya sendiri. Maksudnya proxy server ini mengidentifikasi dirinya sebagai proxy server, bukan sebagai pihak ketiga. Selain itu, proxy jenis ini tidak menyembunyikan identitas dari penggunanya, sehingga identitas pengguna (IP) terlihat dengan jelas oleh publik di server tersebut melalui HTTP header.

       2. Proxy Anonim (Anonimous Proxy)

Proxy Anonim merupakan jenis proxy yang dapat menyembunyikan alamat penggunanya, namun proxy ini membuat alamat IP samaran yang tidak mencurigakan server tersebut. Dengan begitu proxy ini dipercaya dapat meningkatkan keamanan data pribadi penggunanya.

       3. Proxy Anonimitas Tinggi (High Anonimity Proxy)

merupakan pengembangan dari proxy anonim, dimana proxy ini tidak mendefinisikan dirinya sebagai proxy server dan juga tidak menyediakan alamat IP. Selain itu IP pengguna juga tidak terdeteksi baik oleh situs atau jaringan tersebut, maka keamanannya lebih tinggi.

       4. Proxy Distorsi (Distorting Proxy)

Ini mirip dengan proxy anonim, namun yang membedakannya adalah proxy distorsi ini tidak menyediakan alamat IP proxy melainkan merekayasa IP pengguna sedangkan alamat asli proxy tersedia di HTTP header.

       5. Reverse Proxy

merupakan server yang menyediakan jalan dari berbagai request penggunanya melalui sebuah firewall yang terisolasi atau jaringan pribadi. Fungsi dari proxy adalah memberikan pengguna hak akses agar tetap termonitor dengan baik sehingga proxy ini membatasi pengguna untuk mengakses situs tertentu.

Baca Juga : Konfigurasi Proxy Server Pada Mikrotik

Mungkin cukup sekian artikel yang dapat saya sampaikan, kurang lebihnya saya mohon maaf

Wassalamualakikum Wr. Wb.







0 Response to "Apa Itu Proxy Server ?"

Post a Comment