Komponen-Komponen Motherboard Beserta Fungsinya

Assalamualaikum Wr. Wb.


Pendahuluan

Komponen-Komponen Motherboard - Pada dasarnya komputer memiliki beberapa komponen-komponen penting yang setiap komponen memiliki fungsi yang berbeda-beda. Salah satu komponen tersebut adalah Mainboard.Di dalam Mainboard pun juga terdapat beberapa komponen-komponen penting yang mengatur seluruh kinerja pada komputer. Apa sih motherboard itu ? Apa saja sih yang ada di dalam Mainboard ?
Baca Juga : Troubleshooting Kompuetr Dan Cara Mengatasinya
                        Cara Install Briker 2.1 Pada VirtualBox Dengan Mudah

Komponen-Komponen Motherboard Beserta Fungsinya




A. Pengertian Motherboard
Motherboard atau mainboard adalah sebuah papan induk yang merupakan komponen utama dari sebuah komputer yang didalamnya terdapat komponen-komponen dan chips controller yang bertugas mengatur lalu lintas dan berfungsi untuk meletakkan komponen-komponen komputer diantaranya RAM, VGA, Prosesor dll.

B. Komponen-Komponen Motherboard Dan Fungsinya
Berikut beberapa komponen-komponen yang ada pada motherboard beserta fungsiya :

1. Socket Prosessor

Image source : azzher.blogspot.com
Socket prosesor adalah komponen motherboard yang berfungsi sebagai tempat pemasangan atau wadah bagi prosessor. jika dilihat pada gambar di setiap sudut socket terdapat 4 lubang yang berfungsi sebagai tempat penyangga Heatsink Fan atau pendingin prosesor. Setiap prosessor memiliki bentuk socket yang berbeda-beda. Jadi dalam pemilihan motherboard harus sesuai dengan prosessor yang kita tentukan atau miliki saat ini. Misalnya pada mainboard socket prosessornya Intel jangan harap bisa memasang prosessor AMD.

2. Slot Memory atau Slot RAM

Image source : jagatreview.com
Slot memori atau slot RAM ini adalah komponen motherboard yang berfungsi sebagai tempat untuk pemasangan RAM. Bentuk dari slot memory memanjang seperti RAM dan biasanya posisinya bersebelahan dari socket prosesor. Dalam motherboard umunya terdapat lebih dari satu slot memory dan setiap slot memiliki jenis yang berbeda-beda sesuai dengan jenis RAM. Jadi jika membeli RAM pastikan jenis RAM sesuai dengan slot pada motherboard karena apabila berbeda jenis RAM tidak akan bisa dipasang.

3. BIOS ( Basic Input Output System)

Image source : welehcool123.wordpress.com
BIOS adalah chip sistem informasi perangkat yang terhubung dengan mainboard yang berfungsi untuk mengontrol dan memberi informasi mengenai seluruh perangkat (hardware) pada komputer. Namun pada saat ini BIOS mulai digantikan dengan UEFI yang memiliki teknologi lebih canggih daripada BIOS.

4. Battery CMOS


Image source : kompasiana.com
Battery CMOS (Complimentary Metal Oxide Semiconductor) adalah sebuah battery kecil seperti baterai jam namun agak besar yang berfungsi untuk memberikan daya kepada BIOS. Selain itu battery CMOS juga berfungsi untuk menyimpan semua settigan pada BIOS. Jika battery CMOS tercabut maka settingan-settingan pada bios akan kembali ke default. Jadi battery CMOS ini juga dapat untuk meriset settingan BIOS.

5. Slot IDE Dan Slot SATA

Image source : ardianblog27.blogspot.com
Slot IDE dan SATA memang memiliki bentuk yang berbeda seperti pada gambar diatas, namun keduanya memiliki fungsi yang sama yaitu untuk untuk menghubungkan Hardisk atau CD/DVD Rom ke Motherboard. Secara fisik bentuk slot IDE memanjang seperti kabelnya yang lebar sedangkan slot SATA memang relatif menyesuaikan dengan kabel SATA yang kecil. Pada saat ini kebanyakan Motherboard banyak menggunakan slot SATA karena Hardisk sekarang banyak menggunakan port SATA dan Hardisk dengan port IDE sudah jarang dijual, namun bukan berarti slot IDE tidak ada, slot IDE masih banyak dijumpai pada Motherboard lama.

6. Slot AGP Dan PCI Express X16


Image source : tkj-smkn1pacet.blogspot.com
Slot AGP dan PCI-E X16 memiliki fungsi yang sama yaitu sebagai tempat untuk pemasangan VGA Card atau Graphic Card, namun slot AGP merupakan jenis slot lama yang hanya dapat ditemukan pada motherboard lama seperti LGA 478 dan sekarang sudah sangat jarang digunakan beda dengan slot PCI-E X16 yang sekarang masih banyak digunakan secara luas pada motherboard dengan socket LGA 775. Sampai saat ini slot VGA ini masih banyak digunakan.

7. Slot PCI Dan PCI Express X1

Image source : guru3d.com
Slot PCI merupakan jenis slot yang bisa dikatakan multifungsi karena sangat banyak peripheral tambahan komputer yang menggunakan slot PCI mulai dari VGA card, Ethernet card, LAN card, Sound card, USB card, Sata Card. Untuk slot PCI-E X1 sama halnya dengan slot PCI hanya saja saat ini belum banyak yang menggunakanya.

8. Power Connector

Image source: intanblog.com 
Power connector adalah slot yang berfungsi untuk menghubungkan antara power supply dengan motherboard agar motherboard mendapatkan daya dari power supply. Power connector ini biasanya berjumlah 20 sampai dengan 24 pin. Slot ini biasanya disebut dengan slot power motherboard.

9. North Brigde Dan South Brigde

Image source : http://yuda-tkj2010.blogspot.com
North brigde merupakan perangkat motherboard yang biasanya terletak disamping socket prosessor dan berfungsi untuk menjembatani arus data dan mengatur power management pada Memory, Prosessor Front Side Bus dan AGP Bus. Sedangkan South Brigde bentuknya lebih kecil dari North Brigde dan berfungsi untuk mengatur kerja antara peripheral-peripheralsemacam IDE Controller, PCI Bus, ROM Bios, Keyboard & Mouse, USB, Ethernet LAN, Modem dan fungsi I/O lainnya. 

10. Pin Kabel Front Panel

Image source : forum.donanimhaber.com
Pin kabel front panel biasanya terletak di bagian pinggir motherboard terlihat seperti pada gambar dan berfungsi sebagai tempat untuk memasang tombol power, tombol restart, power LED dan Hdd LED pada casing. Sebelum sobat memasang pada port front panel ada baiknya dulu untuk mempelajari pemasangannya karena disetiap pin sudah dikhususkan sendiri untuk tombol power, reset, Hdd LED dan power LED.

11. I/O Ports

Image source : rashena.wordpress.com
I/O port adalah kumpulan beberapa port sebagai input dan output komputer yang digunakan untuk menghubungkan perangkat input dan output dan biasanya terpasang dipinggir motherboard dan terletak dibagian belakang CPU diantaranya terdapat VGA Port untuk menghubungkan CPU ke monitor, Port USB dan PS2 yang berfungsi untuk keyboard dan mouse, LAN port yang berfungsi untuk penancapan RJ45 pada kabel internet, Serial port dan port Audio untuk peralatan audio misalnya speaker, radio, headset, Hdmi port dll.

C. Kesimpulan

Jadi pada motherboard komputer itu terdapat beberapa komponen penting yang setiap komponen memiliki fungsi dan perananya masing-masing. Apabila salah satu komponen rusak maka komputer akan terjadi trouble atau ketidaknormalan pada kinerjanya.

Apabila ada yang mau bertanya silahkan lewat sosial media saya dibawah :

                                          Facebook | WhatsApp  


Baca Juga : Troubleshooting Komputer Dan Cara Mengatasinya

Sekian artikel yang dapat saya sampaikan, apabila ada kurangnya mohon maaf

Wassalamualaikum Wr. Wb.

0 Response to "Komponen-Komponen Motherboard Beserta Fungsinya"

Post a Comment